Mana Jawaban anda Jacko? Saya masih menunggu jawaban anda!

Melarikan Diri alias takut terekspose

Di bawah ini saya postingkan diskusi saya dengan seorang yang bernama samaran Jacko di blog Pendeta Esra Soru. Saya sengaja mengangkat diskusi itu ke sini karena si Jacko mampir di sini dan menganggap diri sangat intelektual dan menyerang pribadi saya. Saya harap setelah dia membaca komentar dan tanggapan saya, dia bersedia menjawabnya. Saya menunggu! Saya sadar pertanyaan saya memang sulit untuk dijawab oleh orang-orang yang begitu fanatik dengan apa yang dipercayainya sedemikian rupa sehingga dia tidak sadar apa yang diomongkannya.

1

Kalau saya mengatakan “saya dan meri adalah satu” dan melihat anda stress, maka hal yang paling baik yang bisa saya katakan pada anda adalah “dasar IQ jongkok!!! Untuk apa stress? Kenapa tidak tanya: apanya yang satu? Sana kembali belajar logika!”. So, ketidakkompetenan anda untuk mengajukan keberatan yang lebih baik dalam soal sesederhana ini membuat saya meragukan kompetensi anda.Komentar ini saya kemukakan kepada si Jacko dan tidak ada tanggapan sampai saat ini.

2

Jacko : Terima kasih akhirnya Bapak mau mengakui kalo “Yesus memang tidak pernah mengatakan bahwa dirinya adalah Allah” jadi jelaslah sudah bahwa kesimpulannya Yesus bukan Allah.

Paijo: Ini adalah argument khas Islam yang sangat bodoh. Fakta bahwa Yesus tidak pernah mengatakan secara eksplisit bahwa dia adalah Tuhan tidakmengharuskan kita untuk menyimpulkan bahwa Yesus bukan Tuhan. Kalau ada orang yang berpandangan demikian, yaa kalau dia manusia berarti dia tidak atau belum paham logika. Kalau andaikata dia manusia dan paham logika, maka dia sengaja membual dengan harapan ada orang lain yang tidak punya pengetahuan yang tertarik untuk mengikuti kebodohannya. Kalau dia bukan manusia yaa.. itu pasti setan.Mungkin sebentar lagi si Jacko akan menyodorkan argumen bodoh dari Khalid Yasin yang kira-kira demikian: kalau Yesus memang Allah, mengapa pada saat Dia mengajarkan Doa Bapak Kami, Dia tidak mengatakan “Bapa Ku”? Kalau memang Yesus Tuhan mengapa pada saat mengajarkan Doa Bapak Kami, Dia tidak mengatakan “Dikuduskanlah nama Kita”? dll. Semoga si Jacko tidak terjatuh se dalam itu.

3

Jacko : Sedangkan ayat-ayat yang Bapak tunjukkan yang menurut Bapak pada masa Pra Inkarnasi adalah ayat-ayat yang isinya hanyalah kata-kata, statement, pendapat dan kesimpulan dari penulis yang tidak berdasar. Contoh : Yoh 1:1, Fil 2:2-11, Ibrani 1:5-14.

Paijo: Asumsi dari pernyataan ini adalah bahwa tidak ada pewahyuan sehingga penulis-penulis ini hanya menulis buah pikirannya sendiri. Kalau anda teis, maka anda tidak pantas menggunakan argumen ini karena argument seperti ini hanya pantas digunakan oleh kaum ateis.

4

Jacko : Jadi kesimpulannya bahwa yang menyatakan Yesus sebagai Tuhan adalah si penulis injil tanpa ada dasarnya sedangkan Yesus sendiri tidak pernah menyatakan diri sebagai Allah.

Paijo: Karena ini masih merupakan buah dari asumsi yang saya angkat di atas, silahkan justifikasi asumsimu!

5

Jacko : Bukannya saya tidak percaya pada kata-kata Rasul atau penulis Injil tapi saya tentu saja lebih percaya pada kata-kata Yesus.

Paijo: Ini adalah salah satu komentar paling bodoh yang saya pernah lihat dikatakan. Ini jelas membuktikan bahwa Jacko ini tidak pernah belajar tentang struktur pandangan dunia. Pandangan-pandangan yang basic tidak begitu saja dapat ditinggalkan apapun bukti yang dikemukakan. Andaikatapun misalnya ada kata-kata Yesus yang dikutip dalam Injil, maka pasti dia akan mencari alasan lain seberapapun bodohnya alasan itu.
Kita sudah lihat bukti akan hal ini di sini. Kalau kamu terlalu bita untuk mengidentifikasinya, maka saya akan dengan senang hati menunjukkannya.

6

Tanggapan Esra : Sudah berapa kali saya tegaskan dan jelaskan bahwa ayat2 seperti itu harus dimengerti dalam konteks inkarnasi? Anda buta atau sengaja membutakan diri? Silahkan baca kembali tanggapan2 saya sebelumnya. Malas menjelaskan berulang2.

Pak Esra, saya rasa ini hanya membuktikan bahwa pada saat diperhadapkan dengan kebenaran, maka orang tidak percaya akan lari terbirit-birit dan mencari tempat perlindungan walaupun yang mereka anggap tempat perlindungan itu sebenarnya hanya sepotong kotoran kerbau kering.

7

Jacko: Bukannya saya tidak percaya pada kata-kata Rasul atau penulis Injil tapi saya tentu saja lebih percaya pada kata-kata Yesus.

Paijo: Ini omong kosong! Kalaupun nanti ditunjukkan bahwa Yesus pernah mengatakan bahwa Dia adalah YAHWEH, maka saya yakin bahwa si Jacko akan berkata: Ooo itu pasti hasil tambahan dari orang Kristen.

8

Tanggapan Esra: Ya memang terlalu lama. Apa masih berguru? Coba kali berikut agak lebih cepat.

Paijo: Pak Esra, mungkin dia tidak akan muncul sebelum bulan September!
Saya sarankan untuk Jacko supaya bisa “mengalahkan” apologis Kristen yang belajar:
1. Belajar teologi Kristen dari Kristen yang masih setia bukan teolog liberal atau kultus-kultus seperti Saksi Yehova, dll.
2. Belajar Logika secara lebih mendalam
3. Hindari apologis Islam seperti Zakir Naik, Ahmed Deedat, dan sejenisnya. Coba kamu baca tulisan-tulisan Bassam Zawadi. Dia adalah Islam yang lebih bersedia belajar tentang teologi Kristen dibanding orang Islam lain.

Itu hanya saran saya!

9

Tanggapan Esra : Saya sudah katakan berkali-kali bahwa pengakuan akan keilahian Yesus bukan hanya didasarkan pada klaim Yesus tapi juga pernyataan murid2 yang dekat denganNya yang pernah hidup bersama Dia dan tentu sesuai mereka diinspirasikan oleh Roh Kudus. Saya sudah katakan berkali-kali, lebih masuk akal percaya para rasul daripada percaya kata2 anda. Anda hidup 2000an tahun setelah Yesus bahkan setelah para rasul dan kata2 anda sama sekali tidak diinspirasikan Roh Kudus.

Paijo: Kalau si Jacko mengatakan bahwa Tuhan Yesus tidak pernah mengatakan bahwa dia Yahweh, maka ini adalah klaim yang sembrono. Dalam Injil Yohanes, Yesus pernah mengatakan sesuatu yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berbunyi sebagai berikut “..before Abraham I Am..”. Nah, kalau si Jacko bisa berbahasa Inggris sedikit saja, maka dia akan menemukan kejanggalan struktur bahasa di sini. Kalau memang maksud Yesus hanya sekedar merujuk pada fakta bahwa keberadaannya sudah sejak lama, maka tentunya Yesus mengatakan “..before Abraham I was..” tetapi Yesus mengatakan “..before Abraham I Am..” jelas maksud Yesus adalah bahwa Dia adalah “the Great I Am” alias YAHWEH di Perjanjian Lama. So, Dia memproklamirkan diri sebagai Allah.
Well, saya yakin si Jacko pasti akan mengatakan “wah, ayat itu pasti dirubah oleh orang Kristen” atau “Ini pasti kesalahan grammar” atau alasan-alasan lain yang mencoba membantah kalau dalam ayat ini Yesus menyatakan diri sebagai Allah.
Buktikan saya salah Jacko!

PS: Saya tidak yakin pak Esra setuju dengan jawaban saya. Tetapi saya pernah mendengar ini diungkapkan beberapa orang dalam perdebatan dengan Islam misalnya Matt Slick pada saat perdebatan dengan Nadir Ahmed. Kemarin juga saya baca referensinya di sini: http://www.columbia.edu/cu/augustine/arch/sbrandt/iam.htm

10

Jacko: seharusnya para rasul menulis firman Allah berdasarkan apa yang disampaikan melalui Yesus

Pak Esra: Anda buat aturan ini darimana? Atas dasar apa?

Jacko: Pertanyaan bodoh untuk level seorang pendeta. Jawab aja sendiri.

Tanggapan Paijo: Yang bodoh itu justeru anda Jacko. Anda mengemukakan sesuatu aturan. Harus begini dan harus begitu. Pak Esra menanggapi anda dengan pertanyaan yang sebenarnya meminta untuk menjustifikasi peraturan yang anda sodorkan itu. Karena anda tidak mampu dan mungkin juga tidak mampu, maka anda mengatakan bahwa pak Esra yang bodoh. Inikah intelektualitas yang anda bangga-banggakan itu? Hebat benar!

11

Tanggapan Esra : Siapa bilang para rasul menulis sebelum Yesus datang? Injil Yohanes, surat Filipi, surat Roma ditulis bahkan setelah Yesus naik ke surga. Kecuali Yes 9:5 memang itu Perjanjian Lama dan sifatnya adalah nubuatan/ramalan kea rah depan.

TANGGAPAN JACKO : Saya juga tau kalo penulis menulis injil jauh setelah kebangkitan Yesus. Tapi kalo dilihat dari konteks pra inkarnasi yang Bapak jelaskan terkesan bahwa para rasul menulis firman sebelum Yesus menyampaikan firman Allah dan tentu saja ini menjadi tidak mungkin. Kalo para Rasul menulis hanya berdasarkan inspirasi maka jelas itu bukan firman tapi kesimpulan atau karangan.

TANGGAPAN PAIJO: Di sini anda mengemukakan sebuah aturan lain. Anda belum dan tidak bersedia memberi justifikasi terhadap aturan pertama sekarang sudah kemukakan aturan lain. Aturan anda adalah “Kalo para Rasul menulis hanya berdasarkan inspirasi maka jelas itu bukan firman tapi kesimpulan atau karangan.” Dengan kata lain anda seperti orang yang pada saat dikejar oleh musuh dan menyembunyikan kepala di dalam pasir sementara dia tidak tahu bahwa bagian tubuhnya yang lain masih kelihatan jelas.

Mari kita lihat response anda. Pertama, justifikasi dulu peraturan anda. Silahkan kasih tahu darimana anda memungut peraturan seperti yang anda tuliskan di atas! Saya menunggu

Kedua, apa definisi anda tentang inspirasi pada saat anda mengemukakan keberatan di atas? Apakah definisi anda tentang inspirasi adalah definisi yang juga digunakan oleh pak Esra?

12

Jacko : dan yang lebih aneh lagi firman Allah yang di tunjukkan oleh Alkitab pada masa ini bukan bersumber dari Yesus karena Yesus tidak pernah mengatakan firman Allah seperti pada ayat Yoh 1:1, Fil 2:5-6, Yes 9:5, Roma 9:5.

Tanggapan Esra : Saya sudah katakan berkali-kali bahwa pengakuan akan keilahian Yesus bukan hanya didasarkan pada klaim Yesus tapi juga pernyataan murid2 yang dekat denganNya yang pernah hidup bersama Dia dan tentu sesuai mereka diinspirasikan oleh Roh Kudus. Saya sudah katakan berkali-kali, lebih masuk akal percaya para rasul daripada percaya kata2 anda. Anda hidup 2000an tahun setelah Yesus bahkan setelah para rasul dan kata2 anda sama sekali tidak diinspirasikan Roh Kudus.

TANGGAPAN JACKO : Berikut adalah ayat2 yang merupakan kesaksian dan klaim dari Yesus sendiri:
Jawab Yesus : ”Hukum yang terutama ialah : Dengarlah, Hai orang Israel, TUHAN ALLAH KITA, TUHAN ITU ESA.
Yoh …., Tetapi pergilah kepada Saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, ALLAH-KU DAN ALLAHMU.
Aku adalah Utusan Allah (banyak ayat)

Tanggapan Paijo: Ya… tapi ayat-ayat lain yang menyatakan keilahian Kristus anda tidak kutip. Dengan kata lain ada ayat-ayat yang menyatakan keilahian Kristus dan ada ayat-ayat yang menunjukkan kemanusiaan Kristus tetapi anda hanya mengutip ayat-ayat yang menyatakan kemanusiaan Kristus. Lalu berpuas diri dengan pengutipan ini seolah-olah sudah membuktikan anda benar. Sebagai informasi untuk anda, teman anda si ndarusi sudah mengakui bahwa Yesus mengklaim bahwa Dia adalah Allah. Tetapi dia muncul dengan keberatan baru yang menentang kebenaran itu. Silahkan ikuti di http://suakahati.wordpress.com/2008/08/06/pengujian-terhadap-ayat-ayat-tuhan-islam-kristen/#comments.

13

acko : Jadi kalo Yesus tidak tahu, merasa lapar dan haus dan bergantung kepada Allah itu karena Yesus adalah manusia yang tidak sempurna dan bukan karena Yesus sedang menyembunyikan keilahiannya atau pura2 merendahkan diri. Yesus tidak ada alasan menyembunykan keilahiannya atau berpura2 merendahkan diri karena firman Allah tidak bisa di sembunyikan atau ditutup2i.

Tanggapan Esra : Yesus mau menebus manusia yang berdosa. Maka Ia mau menjadi manusia. Menjadi manusia saja sudah bentuk perendahan diri (Fil 2:5dst). Jadi mengapa Ia merendahkan diri? Ya demi misi penyelamatannya. Dia datang untuk mati. Jika Dia tetap mempergunakan segala kuasa keilahianNya, tidak ada yang akan berani membunuh Dia.

TANGGAPAN JACKO : ah.. teori….

Tanggapan Paijo: apa definisi kata “teori” yang anda gunakan di sini Jacko? Apakah anda mau mengatakan bahwa apa yang dikatakan pak Esra salah? Silahkan tunjukkan dengan argumen kenapa hal yang ditulis pak Esra itu salah! Jangan-jangan kamu hanya bisa berteori bahwa tanggapan pak Esra itu hanya teori?

14

Jacko : Kata Tunggal sebenarnya bisa mempunyai makna yang diutamakan atau yang dikasihi (ini menurut saya pribadi) hal didasarkan pada kesamaan kata pada ayat ibrani 11:17 dimana Ishak di sebut sebagai anak Abraham yang Tunggal. Padahal dalam alkitab mencatat bahwa Ishak bukan satu-satunya anak Abraham. Mungkin maksudnya adalah anak yang paling di kasihi (kalo tidak salah?  .
(Kalo Bapak tidak sependapat dengan saya berarti Bapak harus bisa menjelaskan makna kata Tunggal dalam ayat Ibarani 11:17).

Tanggapan Esra : Isak disebut anak tunggal bukan karena dia anak yang diutamakan/dikasihi tapi karena memang dia satu-satunya anak yang lahir dari isteri Abraham yang sah.

TANGGAPAN JACKO : yang saya katakan anak Abraham bukan anak istri Abraham. (kayaknya Bapak tulalit alias susah nyambung).

Tanggapan Paijo: anda benar-benar irasional Jacko. Mungkin anda representasi dari Iblis sendiri. Ingat Anda mempertanyakan fakta bahwa Ishak disebut sebagai anak tunggal Abraham walaupun sebenarnya secara biologis tidak demikian. Pak Esra menjawab dengan menyodorkan fakta bahwa secara hukum dia adalah satu-satunya anak yang syah. Kriteria syah tidaknya anak itu adalah syah tidaknya status isteri yang melahirkan sang anak. Jadi sebenarnya dengan menghilangkan kata istri dari kalimat itu tidak akan mempengaruhi argumen.

15

Jacko: Saya bingung dengan anda yang kelihatannya pintar logika tapi logikanya tidak jalan.

Paijo: Anda seperti “maling teriak maling”. Memang pantas anda bingung. Anda tidak punya kemampuan dan kemauan untuk memahami apa yang dikatakan orang lain tapi paksa diri ikut diskusi. Nafsu besar tenaga kurang man! Mmmm… sejauh ini memang tampaknya inilah ciri khas kaum anda. Berbagai komentar saya belum anda jawab juga kok! Apa dianggap tidak penting? Kalau tidak penting silahkan kemukakan dengan argumen yang jelas mengapa tidak penting. Jangan hanya berani beranggapan tidak penting tidak penting tapi tidak kasih alasan. Fakta ini sudah mengindikasikan (kalau tidak bisa dikatakan membuktikan) ketidakkompetenan anda. Silahkan buktikan kompetensi anda dengan menjawab berbagai argumen saya sebelumnya! Saya menunggu!

16

Jacko: Jika Yesus saja menyampaikan firman berdasarkan apa yang Ia lihat dan Ia dengar bagaimana mungkin Muridnya menyampampaikan firman hanya berdasarkan Inspirasi dan bukan berasal dari Yesus?

Paijo: Pertama, Jacko apa definisi kata “inspirasi” yang anda maksudkan di sini? Apakah definisi yang anda pakai sama dengan definisi inspirasi yang pak Esra gunakan? Mengapa inspirasi lebih rendah statusnya daripada dengar langsung sehingga sesuatu yang didapat dari inspirasi lebih rendah statusnya daripada sesuatu yang didengar langsung? Tolong jawab! Ini penting karena tanpa pemahamam ini anda tidak tahu apa yang anda sementara bandingkan.

Kedua, dalam komentar anda, anda menghilangkan perbedaan antara Yesus dan murid-murid sehingga apa yang terjadi/dialami pada murid-murid harus sama dengan apa yang terjadi/dialami Yesus. Kalau Yesus mendengarkan apa yang dikatakan Bapa maka murid-muridpun harus mengalami yang sama. Sekali lagi, itu aturan dari mana? Dengan kata lain anda melakukan kesalahan “rasio melingkar” yaitu mengasumsikan sebagai benar apa yang harus dibuktikan! Anda mengasumsikan bahwa Yesus hanya manusia sementara itu sebenarnya anda yang harus buktikan!

Ketiga, anda mengasumsikan bahwa mode pewahyuan Allah hanya satu yaitu mendengar langsung alias menggunakan indera! Tahu darimana bahwa memang demikianlah adanya? Silahkan jelaskan!

17

Jacko: 1). Murid2 Yesus mengatakan Yesus adalah Allah dan Tuhan, dan Allah itu tiga dalam satu, berdasarkan Inspirasi dan bukan berasal dari mulut Yesus.
2). Yesus mengatakan Allah itu Tuhan,Allah itu Esa, Allah itu Tuhan-Ku dan Tuhanmu berdasarkan kesaksian dari Allah.

Paijo: Jacko, ini hanya buah yang tidak terelakkan dari posisi anda yang sudah saya pertanyakan di atas. Silahkan jawab pertanyaan saya! Saya menunggu!

18

Jacko: dari sini kalo menurut logika anda mana yang harus kita percayai…?

Paijo: pertama, apa itu logika Jacko? Apakah anda percaya ada berbagai macam logika? Komentar anda sepertinya mengasumsikan demikian. Tetapi apa saja logika yang anda maksudkan itu? Berbagai logika itu sama syahnya? Kalau tidak, apa kriteria untuk menentukan satu logika lebih baik daripada logika yang lain? Silahkan jawab!

Kedua, Ataukah anda menganggap bahwa logika itu merupakan fungsi dari individu? Kalau demikian, mengapa saya harus tunduk kepada sesuatu yang anda anggap logika? Saya menunggu tanggapan anda!

19

Jacko: (tolong dijawab dan tolong perbanyak tangggapan dan argumen daripada komentar).

Paijo: Jacko, pertama: saya tidak tahu dimana salahnya komentar selama komentar itu masih ada kaitan dengan poin yang dibahas atau selama komentar itu memperjelas apa yang ditulis dan menjelaskan bagaimana sebenarnya posisi lawan. Dapat pungut darimana aturandemikianyang anda haruskan saya ikuti?

Kedua: silahkan tunjukkan komentar-komentar saya yang menurut kriteria anda, anda anggap tidak tepat!

Pos ini dipublikasikan di Islam, Polemik. Tandai permalink.

6 Balasan ke Mana Jawaban anda Jacko? Saya masih menunggu jawaban anda!

  1. suara langit berkata:

    Pa benar yesus datang utk dsalib sbgai penebus dosa? Lo benar begitu,secara logika maka sluruh umat kristen hrs br trimakasih ma tentara yg menyalibkan yesus bkan malah melaknat mereka,krna tnpa mereka yesus ga jdi disalib tru dosa kalian ga tertebus dunk? Jadi umat kristen harus trimakasih ma tentara2 itu ya ga?

    • whereisthewisdom berkata:

      Benar Yesus datang untuk mengorbankan diri sebagai penebus dosa. Tidak harus berterima kasih kepada para tentara itu karena mereka melakukan itu atas rencana Tuhan. Yang patut mendapat ucapan terima kasih adalah Allah (bukan Alloh) karena Dia merencanakan itu semua. Mereka hanya melakukan apa yang Dia sudah rencanakan! Hal seperti itu dan anda tidak paham sama sekali tetapi anda berkoar-koar tentang logika di sini? Menarik melihat perilaku anda!

  2. kamu umat paling bodoh berkata:

    Firman ALLAH SWT :
    “Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyikan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan.”
    (QS. Al-Madidah :15)

    Kalau pak jacko tdk menjawab biar sya yg menjawab….. Monggo mau Tanya apa??

    • admin berkata:

      Bacalah tulisan itu baru jawab pertanyaan saya terhadap Jacko. Ingat, di sini anda harus membaca argumen saya baru balas. Saya tidak menerima orang yang asal bacot tetapi tidak membaca tulisan saya.

      Silahkan baca dan jawab pertanyaan saya terhadap Jacko, kalau kamu bisa.

      Trims
      Ma Kuru

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

