Kekonyolan Referensi Diri

Berikut ini adalah cerita Ravi Zacharias dalam salah satu kuliahnya berjudul “Ravi Answers Atheist – (Part 2)” yang dapat didownload gratis di sini. Ini adalah contoh Self-Referential Absurdity atau Kekonyolan Referensi Diri

Pada tahun 80-an, ketika saya mengadakan forum terbuka di the University of the Philippines di Manila, seorang mahasiswa bangkit dari tempat duduknya dan mengatakan, “Segala sesuatu tidak bermakna. Saya tidak mengerti mengapa anda berbicara tentang makna.”

Saya katakan, “Kamu tidak mempercayai apa yang kamu katakan!”

Dia jawab, “Aku percaya!”

Saya katakan, “Tidak, kamu tidak mempercayainya!”

Dia jawab, “Aku percaya!”

Saya katakan lagi, “Tidak, kamu tidak mempercayainya!”

Dia mengatakan, “Siapa anda sehingga berani mengatakan bahwa saya tidak mempercayainya?”

Saya katakan, “Coba ulangi yang kamu katakan!”

Dia menjawab, “Segala sesuatu tidak bermakna.”

Saya katakan,  “Kamu tidak bermaksud demikian.”

Dia menjawab, “Ya, saya bermaksud demikian.”

Saya katakan, “Ijinkan saya melanjutkan. Kalau segala sesuatu tidak bermakna, maka yang baru kamu katakan tidak bermakna. Sebaliknya kalau apa yang baru kamu katakan itu bermakna, maka tidak benar bahwa segala sesuatu tidak bermakna dan dengan demikian yang kamu katakan bukanlah apa-apa.”

….

Saat berjalan keluar saya mendapati laki-laki tadi di belakang ruang pertemuan mengulang-ulang “Jika segala sesuatu tidak bermakna… dst.”

Malam itu dia datang ke gereja tempat saya melayani. Saat altar call, dia yang pertama maju dan berlutut, menyerahkan diri kepada Tuhan.

Pos ini dipublikasikan di Argumen Bunuh Diri, Filosofi, Logika, Ravi Zacharias. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

