Allah Sumber Segala Penghiburan

Oleh Vincent Cheung

Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. (2 Korintus 1:3-4)

Allah bukan hanya sekedar sebuah prinsip filosofis atau postulasi wajib bagi sebuah sistem intelektual. Kita tidak boleh mereduksi Allah menjadi sekedar sebuah prinsip filosofis. Dia adalah Pribadi yang aktif dengan kuasa yang tidak pernah habis. Dia memberi dampak yang kongkrit dalam kehidupan kita. Dia siap untuk memberi penghiburan, mengajar, dan untuk memperkuat kita. Saat kita menerima penghiburan, ajaran dan penguatan dari Dia, kita menghibur, mengajar dan memperkuat orang lain. Setiap orang Kristen dapat secara langsung mendekati Allah dan menerima dari Dia, dan menjadi saluran berkat untuk membangun gereja. Seperti yang Paulus tulis, “Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu: yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun.” (1 Korintus 14:26).

Paulus dan timnya mendapatkan penghiburan dari Tuhan bukan hanya terkait trauma-trauma kecil. Paulus mengatakan bahwa mereka menghadapi hal-hal yang di luar kemampuan mereka untuk tanggung, sehingga mereka putus asa. “Tetapi,” katanya,” semua ini terjadi sehingga kami tidak menggantungkan harapan pada diri sendiri tetapi kepada Allah yang telah membangkitkan orang mati.” Di tempat lain dia mencatat bahwa Kerajaan Allah bukan terdiri dari kata-kata tetapi kuasa. Tentu saja kerajaan ini dikemukakan dalam kata-kata dalam pengertian bahwa kerajaan ini terkait dengan doktrin yang dapat dipahami, tetapi kerajaan itu bukan hanya sekedar kata-kata – tetapi didukung oleh kuasa yang melenyapkan kematian dan keputusasaan. Injil datang dengan harapan dan penghiburan yang tidak dapat dipatahkan.

Rasul Paulus tidak mendapatkan bantuan dari nasehat manusia yang berpegang pada pandangan dunia yang salah. Pandangan yang terdistorsi tentang dunia. Tetapi Tuhan memberi kita interpretasi tentang dunia dan keadaan kita, dan memberikan kita pemahaman tentang rencana-Nya dan tempat bagi kita di dalam rencana tersebut. Manusia mempertahankan diri dengan membayangkan bahwa dia memiliki kuasa yang potensinya tidak terbatas, tetapi Tuhan mengajar kita untuk mempercayai kuasa kebangkitan. Roh Allah menerapkan firman-Nya di dalam hati kita; Dia menghasilkan stabilitas dalam pikiran dan perasaan, dan dia menyembuhkan luka dan ketakutan kita. Orang non-Kristen mengasihi dunia, tetapi dunia membuat mereka gila. Mereka mencoba menyembuhkan diri sendiri tetapi program mereka gagal, dan mereka terseret ke dalam nasehat yang tidak berguna, penyalahgunaan obat, alkohol, dan perilaku destruktif serta kebingungan.

Allah tidak hanya memberikan penghiburan kepada kita, tetapi mengajar dan memberdayakan kita untuk menghibur orang lain, untuk mengangkat mereka dari ketakutan, kepedihan, dan kesedihan mereka dan membantu mereka menjadi warga kerajaan Allah yang produktif. Dalam Kristus, anda tidak menghadapi masalah secara sia-sia. Belajar untuk menerima dari Tuhan, berjuang untuk kemenangan dengan kuasa-Nya, dan dukung orang lain.

Diterjemahkan Ma Kuru dari sini

Pos ini dipublikasikan di Injil, Praktis. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s