Keilahian Kristus dari Matius 11 : 27

Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. (Matius 11:27)

Dalam Matius 11:27, kata “semua” kemungkinan besar merujuk kepada pemberitaan ketujuh puluh orang yang diutus berdua-dua, dan mungkin juga lebih merujuk kepada Injil daripada yang mereka ketahui. Karena itu ayat ini dimulai dengan mengatakan bahwa Bapa telah memberikan/menyerahkan isi wahyu kepada Sang Anak. Sejauh ini, ayat ini tentu saja berlaku untuk malaikat atau bahkan manusia. Teks ini juga tidak terlalu mengejutkan sebab siapapun sang Anak itu, entah dia malaikat atau bahkan manusia, tidak ada satupun kecuali Sang Bapa yang mengenal Dia seutuhnya. Atau kalaupun pengetahuan ini tidak utuh, hal ini tidak mengejutkan; karena kalau orang tidak mengetahui tentang Sang Anak yang misterius atau kalau orang tidak mengetahui tentang Neptunus, itu bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Tetapi pernyataan sederhana ini menjadi sangat mengejutkan saat frase berikutnya ditambahkan. Bukan hanya tidak ada seorangpun yang mengenal Anak selain Bapa, tetapi tidak ada seorangpun yang mengenal Bapa selain Anak. Frase ini menempatkan pengetahuan yang dimiliki Anak tentang Bapa pada tingkatan yang sama dengan pengetahuan yang dimiliki Bapa terhadap Anak. Karena pengetahuan Bapa lengkap, ilahi, dan kekal, maka pasti pengetahuan Anakpun demikian. Lebih jauh lagi, jika kita ingat bahwa tidak semua yang mendengar pemberitaan ketujuh puluh orang yang diutus menjadi percaya, ayat ini juga menyatakan bahwa Sang Anaklah yang melakukan tindakan ilahi menentukan siapa yang akan percaya dan siapa yang tidak percaya. Karena itu, Sang Anak adalah Allah yang setara dengan Sang Bapa.

(The Trinity, Gordon H. Clark, terjemahan Ma Kuru)

Pos ini dipublikasikan di Gordon H. Clark, Injil, Terjemahan, Trinitas. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s