Mahasiswa dan Logika

Di bawah ini adalah cerita John W. Robbins (alm) tentang pengalamannya mengajar di salah satu kolese di Amerika Serikat. Ini diterjemahkan dari ceramah mp3nya berjudul “Church Irrational” yang dapat didownload gratis di sini: http://bit.ly/eZBN73. Mungkin kita bsa menghubungkan ini dengan keadaan kita di tanah air tercinta.

Beberapa tahun yang lalu saya mengajar Pengantar Ilmu Ekonomi untuk mahasiswa kolese. Kuliah itu ditujukan kepada mahasiswa tahun kedua atau lebih. Jadi mereka bukan orang baru. Mereka sudah kuliah selama satu tahun. Dua minggu pertama saya harus habiskan dengan menjelaskan gagasan sederhana tentang inferensi (penarikan kesimpulan) logis, dimana kalau anda memiliki satu pernyataan, maka akan ada implikasi pernyataan tersebut. Itu adalah gagasan yang benar-benar baru untuk mereka. Dua minggu saya harus habiskan hanya untuk menjelaskan hal ini kepada mereka. Adalah sesuatu yang benar-benar bodoh [kalau saya] mengajarkan mata kuliah itu kepada mereka sedangkan hal semendasar itu tidak mereka pahami sama sekali. Tampaknya mereka memiliki pandangan bahwa mereka dapat percaya satu proposisi dan tidak ada implikasi sama sekali dari proposisi tersebut sehingga mereka dapat mempercayai proposisi lain yang bertentangan dengan proposisi pertama. Jadi mereka tidak paham sama sekali tentang inferensi/penarikan kesimpulan logis.

Mahasiswa/i ini bukan semuanya mahasiswa dalam pengertian tradisional [yang umurnya belasan tahun] tetapi sudah berumur dua puluhan, tiga puluhan, dan malah empat puluhan. Mereka sudah bekerja….Orang bertanya-tanya bagaimana mereka bekerja tanpa gagasan tentang inferensi (penarikan kesimpulan).

John W. Robbins, Church Irrational, menit 25.14 – 26.34

 

Pos ini dipublikasikan di Filosofi, John W. Robbins, Logika, Terjemahan. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s