Perpustakaan John Harvard

Di bawah ini adalah gambaran tentang perpustakaan pendiri Harvard bernama John Harvard.

[John] Harvard berlayar ke Amerika saat berumur 29 tahun dan meninggal di Amerika umur 30 tahun. Walaupun masih muda, perpustakaan yang dia wariskan kepada Kolese Harvard  — sekitar 400 volume, 329 judul – memperlihatkan bahwa dia adalah orang yang berwawasan luas. Tiga-perempat bukunya adalah buku teologi: Chrysostom, Augustine, Thomas Aquinas, Martin Luther, John Calvin, Philip Melanchthon, Theodore Beza, Robert Bellarmine, William Ames, Jerome Zanchius, dan Henry Ainsworth, dll. Ada banyak juga tulisan penulis Yunani dan Roma baik dalam bahasa asli maupun terjemahannya. Dibanding perpustakaan di Inggris, perpustakaan Harvard tidak kalah. Perpustakaan Emmanuel College, misalnya, memiliki 600 buku pada tahun 1637. Samuel Eliot Morison berkomentar tentang perpustakaan [John Harvard] pada saat pendirian Harvard College: “Bahwa koleksi sebanyak itu dapat dibawa ke sebuah negara yang baru berdiri tujuh tahun adalah bukti nyata bahwa kaum Puritan bermaksud mempertahankan standari intelektualnya di Dunia Baru.” Sebagian besar buku Harvard terbakar pada tahun 1764, hanya satu yang selamat: tulisan John Downame “Christian Warfare Against the Devil, World, and Flesh.”

Diterjemahkan Ma Kuru dari tulisan berjudul “John Harvard. Calvinist” tulisan John W. Robbins (http://trinityfoundation.org/journal.php?id=190)

Pos ini dipublikasikan di John W. Robbins, Terjemahan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Perpustakaan John Harvard

  1. Durga ayunda berkata:

    bagaimana cara dowlond koleksi yang ada di perpustakaan arvard ?

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s