Dicari: Pikiran yang Kritis!

Point dari kutipan berikut yang saya ingin angkat adalah: Pentingnya berpikir kritis bagi semua.  Pemahaman tentang logika adalah prakondisi bagi berpikir kritis.

Buku The World Book Encyclopedia, yang umum digunakan oleh siswa sekolah mengengah, memberi tahu pembacanya bahwa “Prinsip yang mengikat kekaisaran Romawi – yaitu keadilan, toleralsi, dan niat untuk berdamai – mempengaruhi orang dari berbagai generasi.” Tetapi kalimat setelah itu – yang begitu kontras dengan pernyataan di atas – lebih mendekati kebenaran: “Kekejaman dan keserakahan Romawi mengakibatkan banyak penderitaan, dan penggunaan paksaan mengakibatkan kesulitan dan kematian.” Roma adalah sebuah kekaisaran penuh kekerasan, bukan keadilan; kekaisaran ini tumbuh dari penaklukkan yang dilakukan pasukan yang dipimpin jenderal-jenderal brilian; dan dipersatukan oleh legiun-legiun yang menakutkan. Kekaisaran tidak mentolerir ketidaktaatan, dan damai adalah situasi yang jarang terjadi. Bahkan pada saat terbaik sekalipun, yaitu pada Pax Romana di abad pertama dan kedua setelah Kristus, Kekairasan Romawi dikatakan sejarawan Romawi Livy sebagai “kaya dengan malapetaka, menakutkan di dalam perang, subur dengan pemberontakan, dan penuh darah dalam masa damai.” Hutang peradaban barat kepada Yunani dan Romawi terlalu dilebih-lebihkan.

Diterjemahkan dari tulisan John. W. Robbins, Christ and Civilization, halaman 7-8

Pos ini dipublikasikan di John W. Robbins, Logika, Terjemahan. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s