Kutipan Menarik Terkait dengan Pentingnya Menjawab Pertanyaan Yang Diajukan

Di bawah ini adalah parafrase dari salah satu kuliah yang diberikan Ravi Zacharias terkait dengan pentingnya menjawab pertanyaan yang diajukan kepada kita. Mungkin konteksnya berasal dari ruang kelas kuliah, tetapi ini jelas punya implikasi terhadap diskusi yang kita lakukan. Kalau kita tidak menjawab apa yang ditanyakan lawan, kita hanya menunjukkan kebodohan kita.

Di dalam satu kuliah filsafat agama yang saya ikuti, sang profesor mengeluarkan aturan bahwa 50% dari nilai akhir didapatkan dari pertanyaan yang diajukan mahasiswa saat kuliah dan 50%nya lagi berasal dari nilai ujian akhir. Saking fokusnya kami mahasiswa untuk mendapatkan 50% nilai dari pertanyaan, kami sibuk menyusun pertanyaan dan lupa untuk belajar bagaimana menjawab pertanyaan. Pada saat ujian, saking sulitnya pertanyaan dan saking tidak siapnya saya menjawab, saya benar-benar berdoa beberapa kali. Tetapi saya heran teman saya yang duduk di sebelah kanan lancar sekali mengisi jawabannya. Setiapk kali saya selesai berdoa dan meliriknya, dia sibuk sekali menulis. Bahkan beberapa kali dia meminta kertas karena kertas jawabannya tidak cukup.

Pada saat pengumuman hasil ujian, ternyata dia mendapatkan 0. Karena rasa ingin tahu, saya menanyakan kepadanya apa alasan si profesor memberinya nilai 0. Dia menunjukkan kertasnya ujiannya dan disana terdapat tulisan dengan tinta merah berbunyi, “Tidak benar, namun juga tidak cukup pantas disebut salah”. Artinya yang dia tulis panjang lebar tidak ada hubungan sama sekali dengan pertanyaan yang diajukan. Teman saya tersebut menulis segala hal yang dia rasa ada hubungan sedikit saja dengan pertanyaan si perofesor, dengan harapan jawaban yang diberikan akan mengarah ke jawaban yang diharapkan si profesor.

Parafrase dari kuliah Ravi Zacharias, The Question of a Man in Agony.

Pos ini dipublikasikan di Logika, Ravi Zacharias. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

