Nasehat Greg Bahsen Tentang Diskusi

Greg Bahnsen

Di bawah ini adalah parafrase dari sebuah kuliah Greg Bahnsen tentang apa yang perlu dilakukan dalam diskusi yang bermakna baik di tempat kuliah dengan dosen maupun dengan teman-teman. Kuliah panjangnya dapat didownload dari sini.

Anda harus melatih diri untuk berendah hati dalam diskusi atau perdebatan. Mungkin kedengarannya tidak masuk akal, tetapi itu yang harus anda lakukan. Kalau anda tidak memahami istilah yang digunakan oleh lawan diskusi, siapapun dia entah teman maupun dosen, anda harus mengakui itu dan berani bertanya apa yang lawan bicara maksudkan. Anda tidak boleh sombong dan berusaha menyaingi lawan anda dengan berbicara menggunakan istilah yang tidak kalah menterengnya. Anda harus berani bertanya apa yang dimaksud lawan anda tanpa harus merasa sebagai orang bodoh karena tidak mengetahuinya.

Bayangkan apa jadinya kalau misalnya anda berteman dengan seorang Jerman yang karena kebiasaan, kadang-kadang berbicara bahasa Jerman dengan anda yang tidak mampu berbahasa Jerman. Apakah anda akan berpura-pura memahami bahasa Jerman sambil mengkhayal bahwa anda masih bisa nyambung dengan dia?

Kuliah dari Greg Bahsen yang lain dapat dilihat di sini

Pos ini dipublikasikan di Diskusi, Greg Bahnsen, Nasehat. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s