Kutipan Kuliah Luther

Luther

Di bawah ini adalah Kutipan kuliah Luther (dari film Luther – tahun 2003)

“Ketika aku menjadi biarawan aku percaya kaul biarawan menjadikanku suci. Apakah aku seorang sombong yang bebal? Sekarang mereka menjadikaku doktor teologia, dan aku tergoda untuk percaya bahwa jubah kesarjanaan ini menjadikanku bijak.”

“Yaa, satu saat Tuhan pernah berbicara melalui mulut seekor keledai. Mungkin saat ini dia akan melakukannya lagi. Tetapi aku akan katakan apa yang ku maksud. “

“Siapa di sini yang pernah ke Roma?”

(seorang mahasiswa mengangkat tangan)”

“Kau membeli indulgensia?”

Mahasiswa: “Tidak.”

“Aku membelinya.”

“Dengan satu keping perak, ku bebaskan kakekku dari Purgatory.”

“Membayar dua kali lipat dari itu, aku harusnya mengeluarkan nenek dan paman Markus, tapi uangku tidak cukup, jadi mereka tetap tinggal di tempat panas.”

“Sementara bagiku sendiri, para imam meyakinkan bahwa dengan menatap relik suci, waktuku di purgatory terpotong. Untungnya bagiku, Roma punya cukup paku dari Salib suci untuk membuat sepatu untuk setiap kuda di Saxony. Ada relik dimana-mana di dunia Kristen.”

“Delapan belas dari dua belas rasul dikubur di Spanyol. Sedang di sini di Wittenberg, kita punya yang terbaik… roti dari Perjamuan Terakhir, susu dari dada Sang Perawan, duri yang menusuk kening Kristus di Kalvari, dan 19,000 potongan tulang suci lain, yang semuanya otentik.”

“Bahkan John Tetzel sendiri… Penyidik Polandia dan Saxony, penjual indulgensia yang luar biasa, pakar relik yang mahir, iri dengan koleksi kita! Untuk memilikinya dalam semalam saja, dia sampai rela menyerahkan lima tahun kehidupannya di bumi, atau 500 tahun di Purgatory.”

Selamat Hari Reformasi, walaupun terlambat!

Pos ini dipublikasikan di Film, Martin Luther. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s