Gordon H. Clark Tentang Fakta

Di bawah adalah kutipan tulisan Gordon tentang fakta. Yang menolak teori dan mengatakan hanya mendasarkan diri pada fakta, berhati-hatilah.ūüôā

Fakta, Hukum, dan Verifikasi

Mungkin dapat ditegaskan bahwa walaupun hukum-hukum sains bersifat tentatif dan dimodifikasi dari waktu ke waktu, sehingga menjadi semakin akurat, namun ada fakta-fakta absolut tertentu sebagai dasar pendekatan-pendekatan [sains] ini. Bagaimanapun fakta adalah fakta dan tidak ada yang dapat merubahnya. Namun kita tidak boleh cepat-cepat menerima pandangan seperti itu. Orang berpikiran praktis yang mencintai fakta dan menolak teori harus belajar bersabar dan merenungkan teori tentang fakta. Pada awalnya mungkin ada semacam keengganan untuk menjawab pertanyaan yang berbunyi, ‚ÄėApa itu fakta?‚Äô Namun seandainya fakta itu bersifat absolut, tentunya tidak sulit untuk menjelaskan apa itu fakta. Mari kita mencobanya! Apakah bumi bulat merupakan sebuah fakta? Pada Jaman Pertengahan orang percaya bahwa bumi datar. Sejak itu ada banyak petunjuk (cukup banyak fakta yang diketahui para astronomer pada abad pertengahan)¬† yang terakumulasi dan disebarluaskan, dan sampai saat ini orang percaya bahwa faktanya adalah Bumi itu bulat. Namun pertanyaannya adalah, apakah kebulatan Bumi itu fakta ataukah sebenarnya petunjuk-petunjuk itulah yang merupakan fakta yang mendasari kesimpulan tentang kebulatan Bumi? Sebagai contoh, bayangan bumi di bulan selama Gerhana Bulan memiliki pingiran yang bulat. Mungkin itu¬†fakta¬†dan kebulatan bumi adalah¬†teori.¬†Tentu saja, bumi bulat bukan sebuah fakta, Bumi berbentuk ceper pada kutubnya. Namun kalau bumi bulat sempurna bukan fakta, lalu apa itu fakta? Apakah bumi merupakan¬†bulatan yang ceper di kutub¬†merupakan fakta? Namun fakta ini (bahwa bumi merupakan¬†bulatan yang ceper dikutub)¬†memiliki berbagai tingkatan. Mana yang merupakan fakta? Mengapa tidak mengatakan bahwa bumi memiliki bentuk tertentu? Tentu saja ini fakta – walaupun sains tidak akan bangga kalau mengatakan bahwa bumi memiliki bentuk tertentu.

Di atas dikatakan bahwa bayangan Bumi pada saat Gerhana Bulan merupakan fakta yang dengannya kesimpulan tentang kebulatan Bumi diambil. Namun apakah bayangan tersebut fakta? Bukankah sebenarnya faktanya adalah bayang-bayang hitam tertentu yang memiliki pinggiran bulat pada permukaan Bulan, dan teori yang disimpulkan dari fakta tersebut adalah bahwa bayangan hitam tersebut adalah bayangan Bumi?

Analisa seperti ini tampaknya mengarahkan ke kesimpulan bahwa semua (atau setidaknya banyak) yang disebut fakta adalah teori yang dikembangkan dari bahan persepsi sederhana. Secara alamiah, pertanyaan yang timbul adalah apakah ada fakta yang bukan teori? Apakah ada hal yang dilihat seperti adanya? Tidak diragukan bahwa di Atlantic City pada musim panas orang melihat sebuah pesawat yang terbang tinggi namun kemudian yang dilihat itu mengepakkan sayap dan menyelam menangkap ikan. Apakah pesawat merupakan fakta? Ataukah itu pesawat merupakan teori tentang satu benda yang berada di angkasa? Apa itu fakta?

Diterjemahkan Ma Kuru dari Tulisan Gordon H. Clark A Christian View of Men and Things, halaman 146

Pos ini dipublikasikan di A Christian View of Men and Things, Filosofi, Gordon H. Clark, Terjemahan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Gordon H. Clark Tentang Fakta

  1. Ping balik: Fakta tanpa Teori? Sebuah Ketidakmungkinan! | Futility over Futility

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s