Informasi? Sesuatu yang mendasar di Alam Semesta selain Materi dan Energi

41AURX9BOPLSaat ini informasi merupakan sesuatu yang sangat penting dan terkadang membuat saya berpikir tentang hal ini. Berikut adalah terjemahan tulisan seorang pakar bernama Robert J. Marks II dalam pengantar sebuah buku terkait informasi dalam struktur biologi. Beta tampilkan hanya untuk menggugah orang bepikir saja. Hal mendasar di alam bukan hanya materi dan energi, tetapi juga informasi. Ini juga ada hubungan filosofis dengan logika.

Ini terjemahannya:

Semua setuju bahwa ada informasi dalam struktur dan fungsi biologi. Walaupun istilah informasi lazim digunakan dalam sains, definisi yang tepat serta natur dari informasi itu sendiri bisa jadi sulit ditentukan seperti terlihat dari pertanyaan berikut:

  1. Ketika sebuah dokumen dalam bentuk kertas/buku dihancurkan, apakah informasi dihancurkan? Apakah ada bedanya kalau sebuah dokumen merupakan salinan dari dokumen yang telah dipulihkan?
  2. Demikian pula, ketika diambil sebuah gambar digital, apakah informasi digital sedang diciptakan ataukah informasi itu hanyalah ditangkap?
  3. Informasi dalam sebuah DVD dapat diukur dalam bit. Apakah jumlah informasinya berbeda jika DVD tersebut berisi film Braveheart dan kalau DVD tersebut berisi informasi digital acak?
  4. Ketika seorang manusia meninggal, apakah informasi pengalamannya hilang? Jika demikian, dapatkah kelahiran dan pengalaman menciptakan informasi?
  5. Kalau anda diberikan sebuah dokumen berbahasa Jepang, apakah dokumen tersebut mengandung informasi terlepas dari dapat atau tidaknya anda mengerti bahasa Jepang? Bagaimana kalau dokumen tersebut ditulis dalam bahasa alien yang tidak dikenal manusia?

Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan ini bervariasi tergantung pada model informasi yang digunakan. Namun demikian, terdapat ciri informasi yang dimiliki bersama oleh semua model. Dicatat oleh Norbert Weiner [1, 2], bapak sibernetika:

“Informasi adalah informasi, bukan energi ataupun materi.”

Informasi dapat ditulis pada energi. Sebagai contoh gelombang elektromagnetik dan gelombang suara yang membawa isi percakapan. Demikian juga, informasi dapat dituliskan pada materi seperti halnya yang terjadi pada bukudan DVD. Namun energy dan materi hanya berfungsi sebagai media transkripsi informasi. Informasi dapat juga berada dalam struktur atau fenomena. Informasi dari berbagai tingkatan tersedia di alam. Jelas satu bakteri mengandung lebih banyak informasi daripada sekumpulan pasir. Informasi dapat diekstrak dari sumber yang kaya informasi.

Diterjemahkan dari buku: Biological Information: New Perspective. Editor Robert J. Marks II (Baylor University, USA), Michael J. Behe (Lehigh University, USA), William A. Dembski (Discovery Institute, USA),  Bruce L. Gordon (Houston Baptist University, USA),  John C. Sanford (Cornell University, , USA).
Sebelumnya buku ini dapat didownload gratis dari Amazon, tetapi saat ini sudah berharga 128 Dollar US alias Rp. 1,500,000. Saya sudah pernah download buku ini dan yang tertarik silahkan kontak saya.

Pos ini dipublikasikan di Filosofi, Informasi. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s