Validitas Argumen

Di bawah ini adalah terjemahan tulisan Elihu Carranza tentang validitas Argumen dalam bukunya Logic Primer. Buku ini sedang diterjemahkan oleh Saya, saudara Dhan Makerz, dan saudara Rony Sahaduta

Validitas

Di atas disebutkan tentang deduksi kesimpulan dari premis. Kalau seorang mengemukakan sebuah argumen tertentu, maka orang itu mungkin mengklaim bahwa kesimpulannya mengikuti beberapa premis. Orang mungkin bertanya apakah kesimpulan tersebut merupakan konsekuensi tak terhindarkan dari premis-premis tersebut. Jika ternyata kesimpulan secara tidak terhindarkan mengikuti premis yang disebutkan, maka kita mempunyai sebuah argumen yang valid. Namun demikian, validitas tidak memastikan kebenaran proposisi, tetapi menyatakan bahwa kesimpulan tertentu secara tidak terhindarkan berasal dari premis-premis yang ada. Dengan kata lain, kita katakan: “premis argumen ini secara tidak terhindarkan berimplikasi pada kesimpulan argumen ini; karena itu argumen ini valid.”

Di pihak lain, jika klaim seorang akan keharusan hubungan logis antara premis dan kesimpulan ternyata gagal, maka argumen tersebut dikatakan tidak valid. Setiap argumen deduktif bisa valid dan bisa tidak valid: jika tidak valid maka argumen tidak valid dan jika valid maka argumen valid.

Jika sebuah argumen deduktif valid, maka argumen tersebut bisa sound atau tidak sound. Jika semua proposisi argumen benar, maka argumen tersebut sound. Jika sebaliknya, maka tidak sound — walaupun valid. Sound dan tidak sound hanya merupakan kualitas argumen deduktif yang valid namun tidak berlaku untuk argumen yang tidak valid.

Pos ini dipublikasikan di Elihu Carranza, Logika, Terjemahan, Validitas. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Validitas Argumen

  1. Ping balik: Kesalahapahaman Tentang Argumen Deduktif | Futility over Futility

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s