Mungkin Kemampuan Membaca Saya dan Anda Hanya Setingkat Kelas 6 SD

Di bawah ini adalah terjemahan tentang kemampuan membaca. Pengamatannya adalah bahwa mahasiswa di perguruan tinggi kemungkinan besar hanya memiliki kemampuan membaca setingkat kelas 6 SD. Menarik! Mungkin berguna untuk para pelaku pendidikan. Selamat menikmati!🙂

htrbNamun demikian, ada hal tertentu yang tidak berubah dalam tiga puluh tahun terakhir. Yang pertama adalah untuk berbagai tujuan berbeda, diperlukan kecepatan membaca yang berbeda pula. Kita tidak membaca semua bahan bacaan dengan kecepatan bacaan tertinggi. Seperti diamati Pascal sekitar 300 tahun lalu, “Ketika kita membaca terlalu cepat atau terlalu lambat, kita tidak paham apa yang kita baca.” Namun demikian karena membaca cepat telah menjadi sesuatu yang terkenal saat ini, maka buku ini akan membahas masalah ini dan mengusulkan sebuah solusi lain yaitu membaca lebih baik dan selalu lebih baik, walaupun terkadang harus cepat dan terkadang harus lambat.

Hal lain yang tidak berubah adalah kegagalan untuk melanjutkan pembelajaran membaca ke tingkat yang lebih tinggi daripada tingkat membaca dasar. Sebagian besar upaya dan sumber daya keuangan dalam dunia pendidikan kita digunakan untuk mengajar membaca selama enam tahun pertama pendidikan. Di luar itu, sedikit sekali yang disumbang pendidikan untuk membawa pelajar ke tingkat ketrampilan membaca yang lebih tinggi. …..

Apakah siswa sekolah belajar membaca bahasa [nasional] mereka secara efektif? Ya dan tidak. Sampai pada tahun keenam, secara keseluruhan, membaca diajarkan secara efektif dan diterima secara baik. Sejauh itu kita dapati adanya peningkatan kurva belajar yang berkelanjutan. Namun setelah itu kurva belajar menjadi rata sampai pada level nol. Ini tidak berarti bahwa orang yang belajar membaca sudah sampai pada batas alamiahnya setelah mencapai kelas enam SD, karena ada banyak petunjuk bahwa dengan pembelajaran khusus, anak yang jauh lebih tinggi umurnya, bahkan orang tua, masih bisa mengalami kemajuan yang pesat dalam kemampuannya membaca. Itu juga tidak berarti bahwa sebagian besar siswa kelas 6 SD memiliki kemampuan membaca yang cukup baik untuk hal-hal praktis. Banyak siswa sekolah menengah yang nilainya rendah karena ketidakmampuan untuk memahami halaman-halaman yang dibaca. Masih ada kemungkinan perbaikan; mereka butuh perbaikan; namun itu tidak terjadi.

Pada umumnya tamatan SMA telah banyak membaca dan jika dia melanjutkan ke perguruan tinggi, dia akan semakin banyak membaca; tetapi kemungkinannya besar bahwa dia adalah pembaca yang kurang baik dan tidak kompeten. (Catat bahwa hal ini berlaku untuk siswa secara umum, bukan pada orang-orang yang mendapat perlakuan khusus untuk meningkatkan kemampuan membacanya.) Dia mungkin dapat mengikuti sebuah tulisan fiksi rata-rata dan mampu menikmatinya. Namun ketika berhadapan dengan sebuah penjelasan yang singkat dengan argumen yang disusun secara seksama dan singkat, atau sebuah tulisan yang membutuhkan pertimbangan kritis, dia akan tersesat. Telah dibuktikan misalnya bahwa rata-rata siswa SMA yang tidak mampu menunjukkan pokok pikiran dari sebuah tulisan atau tingkat penekanan dalam sebuah argumen atau eksposisi/penjelasan. Dengan kata lain si siswa tersebut tetaplah pembaca tingkat kelas enam SD bahkan ketika dia sudah berada di universitas.

 

Diterjemahkan Ma Kuru dari How to Read A Book (versi e-book), karya Mortimer J. Adler dan Charles van Doren

Pos ini dipublikasikan di Membaca, Mortimer J. Adler, Praktis. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mungkin Kemampuan Membaca Saya dan Anda Hanya Setingkat Kelas 6 SD

  1. Max Weismann berkata:

    Hello,

    We are a not-for-profit educational organization founded by Mortimer Adler and we have recently made an exciting discovery—three years after writing the wonderfully expanded third edition of How to Read a Book, Mortimer Adler and Charles Van Doren made a series of thirteen 14-minute videos—lively discussing the art of reading. The videos were produced by Encyclopaedia Britannica. For reasons unknown, sometime after their original publication, these videos were lost.

    Three hours with Mortimer Adler and Charles Van Doren, lively discussing the art of reading, on one DVD. A must for all readers, libraries and classroom teaching the art of reading.

    I cannot exaggerate how instructive these programs are—we are so sure that you will agree, if you are not completely satisfied, we will refund your donation.

    Please go here to see a clip and learn more:

    http://www.thegreatideas.org/HowToReadABook.htm

    ISBN: 978-1-61535-311-8

    Thank you,

    Max Weismann, Co-founder with Dr. Adler

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s