Dr. Gordon Haddon Clark [1902-1985]

Gordon Haddon Clark yang dilahirkan tanggal 31 August 1902, merupakan putra tunggal Pdt. David Scott Clark dan Elizabeth Haddon Clark. Ayah Gordon lulus pada tahun 1887 dari Princeton Theological Seminary dan setelah memimpin dua gereja di wilayah Philadelphia, kemudian menjadi pendeta di Bethel Presbyterian Church saat Gordon lahir. Pdt. D.S. Clark tetap menjadi pendeta di Bethel sampai meninggalnya pada tahun 1939 dan Gordon benar-benar “dibesarkan di dalam bayang-bayang Bethel Presbyterian Church.”

Gordon Clark mendapat keuntungan yang sangat besar dari rumah tangga Kristen tempat dia dibesarkan serta kualitas sistem pendidikan yang ada pada jaman itu. Di rumah, dia diajarkan Westminster Shorter Catechism oleh ayahnya dan benar-benar memanfaatkan akses penuh ke perpustakaan ayahnya serta mempelajari tulisan Calvin, Warfield dan Hodge. Walaupun dia hanya belajar di sekolah menengah kejuruan, dia mendapatkan pendidikan yang luas termasuk Bahasa Latin dan Perancis.

Dia kemudian tamat dari University of Pennsylvania pada tahun 1924 dengan gelar sarjana, dan kemudian tamat dari lembaga yang sama pada tahun 1929 dengan gelar doktor bidang filsafat. Bulan Maret 1929 dia menikah dengan Ruth Schmidt, yang menjadi istrinya selama 48 tahun dan dari pernikahan ini dia mendapatkan dua orang anak perempuan yaitu, Lois Antoinette dan Nancy Elizabeth. Setelah tamat, Dr. Clark mengambil posisi dosen/instruktur Filsafat di University of Pennsylvania dari tahun 1929 sampai 1936. Selama masa ini dia belajar lagi di SorbonneParis. Dari tahun 1936 sampai 1944 dia melayani sebagai Profesor Filsafat di Wheaton Collegedi Wheaton, Negara Bagian Illonis.

Pada tanggal 9 Agustus 1944 Dr. Clark ditahbiskan menjadi pendeta di Orthodox Presbyterian Church oleh Presbyteri Philadelphia. Dia melayani sebagai Stated Supply[1] di Gereja Trinity OPC Church, Kota Cincinnati, Negara Bagian Ohio, sekaligus menjabat sebagai profesor filsafat di Butler University. Walaupun tetap di Butler sampai 1973, dia meninggalkan OPC dan diterima pada 14 Oktober 1948 oleh Presbytery of Indiana dari gereja United Presbyterian Church of North America (UPCNA). Mulai tahun 1958 sampai 1965, dia memimpin gereja First UPCNA Church of Indianapolis, Indiana, yang kemudian bersama Clark berafiliasi dengan Reformed Presbyterian Church in North America, General Synod dan Dr. Clark diterima oleh Western Presbytery of the RPCNA, GS pada 29 Oktober.

Waktu itu RPCNA, GS merupakan denominasi kecil. Namun Dr. Clark merupakan salah satu di antara beberapa orang yang bertanggung jawab atas pertumbuhan yang cepat dari denominasi tersebut pada tahun 1950. Kemudian dia mendukung upaya untuk menyatukan RPCNA,GS dengan Bible Presbyterian Church, Columbus Synod. Pada tahun 1956, Bible Presbyterian Church, Columbus Synod merupakan bagian terbesar dari Bible Presbyterian Church yang awalnya dibentuk tahun 1937 sebagai pecahan dari Orthodox Presbyterian Church. Tahun 1961 Columbus Synod merubah nama menjadi Evangelical Presbyterian Church dan tetap menggunakan nama tersebut dari tahun 1961 sampai penyatuan dengan RPCNA,GS tahun 1965. Denominasi baru yang terbentuk tersebut kemudian dikenal sebagai Reformed Presbyterian Church, Evangelical Synod (RPCES).

Di kemudian waktu, ketika RPCES bergabung dengan Presbyterian Church in America (PCA) tahun 1982, Clark memilih untuk tidak bergabung dengan PCA, namun mengalihkan resensi kependetaannya ke Covenant Presbytery yang tidak berafiliasi. Pengalihan ini terjadi pada tanggal 14 Mei 1983, dan afiliasi kependetaannya bertahan sampai kematiannya.

Selama semua kegiatan gerejaninya, Dr. Clark terus memegang posisi Professor filsafat pada Butler University sampai 1973. Selama menjabat di Butler beberapa tulisan terbaiknya diterbitkan. Thales to Dewey [1957] tetap merupakan pengantar filsafat penting untuk pendidikan S1. Buku-buku lain yang ditulis pada jaman itu adalah A Christian View of Men and Things [1952]; Religion, Reason and Revelation [1961]; Karl Barth’s Theological Method [1963]; What Do Presbyterians Believe? [1965] dan Biblical Predestination [1969].

Pada tahun 1974 Dr. Clark akhirnya meninggalkan Indianapolis dan Butler University, setelah menjadi Ketua Jurusan Filsafat di sana mulai 1945 sampai masa pensiunnya tahun 1973. Awal tahun ajaran 1974, dia mulai mengajar di Covenant College in Lookout Mountain, negara bagian Georgia. Dia tetap di sana selama sepuluh tahun. Selama di sana dia mengajar di Sangre de Cristo Seminary di Westcliffe, Negara Bagian Colorado dan secara bergantian dia mengajar di Reformed Episcopal Seminary di Philadelphia, Pennsylvania.

Pdt. Dr. Gordon Haddon Clark meninggal tanggal 9 April 9, 1985, setelah penyakit serius dalam waktu singkat. Isterinya, Ruth, telah meninggal tahun 1977, atau 9 tahun mendahului Dr. Clark. Saat meninggal, Dr. Clark meninggalkan dua anak perempuan dan suami-suami mereka, 12 cucu dan satu cicit. Acara pemakaman Dr. Clark dilakukan pada tanggal 11 April 1985 di gereja Sangre de Cristo Westcliffe, Negara Bagian Colorado.

Dr. Clark menulis lebih dari 33 buku dan sejumlah besar artikel serta merupakan salah seorang pendiri Evangelical Theological Society. Ketika dimulai sebuah diskusi pada tahun 1980 untuk bergabungnya Reformed Presbyterian Church, Evangelical Synod (RPCES) dan Presbyterian Church in America (PCA), Dr. Clark menentang penggabungan tersebut, mungkin sebagian diakibatkan karena rencana tersebut juga memasukkan penggabungan Orthodox Presbyterian Church. Walaupun OPC tidak bergabung, namun bersatu dan diterimanya RPCES dengan PCA pada tahun 1982, menjadikan Dr. Clark ditolak oleh Tennessee Valley Presbytery PCA pada 11 September 1982. Dia kemudian diterima oleh Covenant Presbytery yang tidak berafiliasi pada bulan Mei 1983.

Sumber berbahasa Inggris klik di sini.

[1] Stated Supply adalah pendeta yang diangkat oleh sebuah Presbitery untuk mejalankan fungsi seorang pendeta di gereja yang tidak mencari pendeta tetap

Pos ini dipublikasikan di Gordon H. Clark, Terjemahan, Tokoh. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s