Lima Aturan Validitas Silogisme

Di bawah ini adalah lima aturan yang harus dipenuhi oleh sebuah silogisme supaya valid.

Aturan 1 Dua premis yang term tengahnya tidak terdistribusi, tidak dapat menghasilkan kesimpulan tertentu.
Aturan 2 Dua premis dengan term yang tidak terdistribusi tidak dapat berimplikasi sebuah kesimpulan dimana term tersebut terdistribusi.
Aturan 3 Dua premis afirmatif tidak dapat menghasilkan sebuah kesimpulan negatif.
Aturan 4 Dua premis negatif tidak dapat menghasilkan sebuah kesimpulan.
Aturan 5 Pasangan premis afirmatif dan negatif tidak dapat menghasilkan sebuah kesimpulan yang afirmatif.

Sebuah silogisme dikatakan valid kalau memenuhi kelima aturan tersebut. Berdasarkan aturan-aturan ini, maka silogisme yang berada pada bagian awal bab ini valid. Aturan-aturan ini bersifat memadai dan tidak terhindarkan. Aturan-aturan ini memadai karena penerapannya mengkonfirmasi validitas ke-24 silogisme yang sebelumnya telah terbukti valid menggunakan metode deduktif dan membuktikan bahwa silogisme lain selain ke-24 silogisme tersebut tidak valid. Aturan-aturan tersebut tidak terhindarkan karena salah satu saja dari aturan tersebut yang dilanggar, maka silogisme menjadi tidak valid, walaupun aturan lainnya tidak dilanggar.

Studi tentang aturan ini akan mengeliminir sejumlah kerangka yang tidak valid. Sebagai contoh, berdasarkah Aturan 4, silogisme dengan premis E- E, E-O, O-O, dan O-E (semua negatif) merupakan silogisme yang tidak valid. Aturan 1 menyatakan bahwa silogisme dengan I-I, O-I, figur 1 & 3; dan I- O, figur 3 & 4, tidak valid karena kombinasinya menjadikan term tengah tidak terdistribusi. Studi sistematis terhadap aturan-aturan ini akan menghasilkan 24 kerangka silogisme valid dari ke-256 kerangka yang memungkinkan.

Dikutip dari terjemahan buku Logic Primer karya Elihu Carranza yang diterjemahkan Ma Kolo, Ama Dhan, dan Ma Kuru. Dalam waktu dekat terjemahan buku ke dalam bahasa Indonesia ini akan diterbitkan dalam bentuk e-book. 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s