Upgrade SSD EVO 840 pada Mac menggunakan USB

Untuk sesuatu yang berbeda dengan logika, filsafat, dan teologi!  :)

Memiliki komputer yang memiliki kecepatan akses data dan menjalankan program yang baik boleh dikatakan mimpi kebanyakan orang yang bekerja dengan komputer. Namun seiring waktu biasanya kinerja komputer menurun. Tetapi ada cara untuk mengembalikan vitalitas komputer anda. Salah satu cara untuk mempercepat kinerja komputer adalah dengan mengganti hard disk konvensional (yang memiliki piringan berputar) dengan hard disk Solid State Drive atau dikenal dengan SSD. Tidak seperti hard disk konvensional, SSD tidak memiliki piringan berputar sehingga peluang untuk rusak akibat goncangan relatif lebih rendah. Tidak adanya piringan berputar ini juga mengakibatkan akses data menjadi lebih cepat sehingga kinerja komputer menjadi lebih baik.

Salah satu SSD terbaik saat adalah EVO 480 buatan Samsung, dengan harga yang lebih rendah dibanding SSD sekelasnya. Daya tahan hard disk inipun dikatakan para analis bisa mencapai 23 tahun. Klik di sini untuk membaca lebih lanjut.

Namun SSD ini mengalami sedikit masalah yang mengakibatkan kinerja komputer menurun setelah beberapa saat. Untungnya Samsung secepatnya melakukan pemutakhiran. Pemutakhiran tersebut dapat diunduh dari website Samsung. Anda dapat mengunduhnya pada bagian yang berjudul Samsung SSD 840 EVO Performance Restoration Software. Klik di sini untuk masik ke halaman download.

Bagi mereka yang mempunyai komputer BerOS Windows, melakukan pemutakhiran ini tidak menjadi masalah. Demikian juga dengan yang memiliki MacIntosh Apple yang dilengkapi DVD drive. Yang menjadi masalah adalah mereka yang menggunakan OS Macintosh Apple, yang tidak memiliki slot untuk CD/DVD atau yang CD/DVD drivenya rusak, sehingga harus digunakan USB. Samsung tidak memberi tahu caranya (setidaknya sampai saat tulisan ini dibuat), tetapi hanya meminta untuk mencari sumber informasi yang handal di internet untuk melakukan update dengan USB.

Setelah mencari beberapa saat, saya menemukan cara untuk melakukannya. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Download file yang berisi update dari link ini: https://dl.dropboxusercontent.com/u/35748812/Bootable%20Samsung.cdr. Tidak perlu download yang dari website Samsung karena updatenya sudah ada di dalam file ini.
  2. Masukkan USB yang anda akan gunakan untuk membantu update. Format Flash Disk menjadi MS-DOS (FAT) menggunakan Disk Utility. Sebagai pengguna Mac
  3. Setelah itu bagi USB anda menjadi 2 partisi.
  4. Partisi pertama dibiarkan memiliki format MS-DOS (FAT) sedangkan partisi kedua berformat Mac OS extended (journaled).
  5. Kedua partisi tersebut harus mendapat perlakuan Disk Repair (masih menggunakan Disk Utility)
  6. Buka Double Click file yang didownload sebelunya pada langkah pertama yang bernama ‘Bootable Samsung.cdr’.
  7. Dengan membuka file tersebut maka pada bagian kiri Disk Utility akan ada dua tambahan file yaitu SYSLINUX dan Setelah itu kembali ke Disk Utility.
  8. Restore SYSLINUX ke partisi 1 dan rEFIt ke partisi kedua.
  9. Setelah selesai, jangan lupa lakukan Repair Disk lagi untuk kedua partisi tersebut.
  10. Setelah proses selesai, kemudian restart komputer (dengan USB tidak dicabut) sambil menekan tombol Option pada keyboard.
  11. Kemudian pilih Boot Legacy OS from SYSLINUX partition dan ikuti perintah selanjutnya.
  12. Cepat lambatnya proses update dipengaruhi oleh besar kapasitas SSD anda serta banyaknya data.
  13. Kalau proses selesai pada layar akan muncul  A:>/SYSLINUX/ atau yang mirip dengan itu dan kursor yang berkedip. Jika sudah selesai anda dapat menekan dan menahan tombol power untuk mematikan laptop dan menekannya sekali lagi untuk menghidupkan, dan laptop andapun sudah diupdate SSDnya

Catatan:

  1. Langkah-langkah di atas mengasumsikan bahwa anda sudah cukup familiar dan paham tentang OS. Jadi kalau anda tidak paham, silahkan taruh komentar di bawah tulisan ini.
Pos ini dipublikasikan di Komputer. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s