John Wheeler – Sains dan Logika

B a CDi bawah ini adalah kutipan tentang kehidupan John Wheeler salah seorang pakar fisika teoritis terkemuka abad ke-20, tentang kariernya yang dia bagi ke dalam tiga tahap. Kutipan ini penting karena memberi gambaran tentang sains serta pentingnya logika.

Pada tahap pertama, mulai dari awal karier saya sampai tahun 1950-an, saya berada dalam genggaman gagasan bahwa Segala Sesuatu Adalah Partikel. Saya mencari cara untuk membangun semua entitas mendasar —yaitu neutron, proton, meson, dan seterusnya—dari partikel, elektron, dan foton yang paling ringan dan mendasar. Visi yang sama tentang dunia yang didasari oleh materi sederhana mendominasi penelitian saya dan Feynman. Kami mampu merumuskan elektrodinamika berdasarkan partikel yang saling mempengaruhi walaupun ada jarak pemisah tanpa memerlukan bidang penengah berupa bidang listrik dan bidang magnet ….

Saya menyebut tahap kedua [dalam karier saya] sebagai Segala Sesuatu Adalah Bidang. Sejak jatuh cinta dengan relativitas umum dan gravitasi pada tahun 1952 sampai mendekati akhir karier saya, saya berpegang pada visi tentang sebuah dunia yang tersusun dari bidang, yaitu bidang dimana partikel yang kita lihat sebenarnya merupakan manifestasi bidang lisrik dan magnet, bidang gravitasi, serta ruang dan waktu itu sendiri ….

Saat ini saya berada dalam genggaman visi baru, bahwa Segala Sesuatu Adalah Informasi. Semakin saya memikirkan tentang misteri kuantum serta kemampuan kita (yang ganjil) untuk bisa memahami dunia dimana kita hidup, semakin saya melihat kemungkinan peranan yang sangat mendasar dari logika dan informasi sebagai landasan teori fisika. Saya berumur delapan puluh enam tahun saat ini, dan saya masih terus mencari.

Dikutip dalam Buku “Being as Communion” karya WIlliam Dembski dari buku otobiografi  John A. Wheeler dan Kenneth W. Ford, “Geons, Black Holes, and Quantum Foam: A Life in Physics” (New York: Norton, 1999), 63–4.

Terjemahan Ma Kuru

Pos ini dipublikasikan di Being as Communion, John Wheeler, Terjemahan, William Dembski dan tag , . Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

