Selamat Hari Reformasi – 2015

Reformasi Protestan beberapa abad lampau diidentikkan dengan beberapa slogan reformasi yaitu, Sola Scriptura, Sola Fide, Solus Christus, Sola Gratia dan Soli Deo Gloria. Hal tidak ada salahnya, tetapi kurang lengkap. Hal lain yang dilupakan terkait reformasi adalah logika. Luther tidak mungkin melakukan apa yang dia lakukan kalau dia tidak menghargai logika. Demikian juga dengan Calvin dan lain-lain. Logika bukanlah sesuatu yang muncul saat Luther saja dalam gereja, tetapi sudah ada sejak adanya pewahyuan Allah kepada manusia – bahkan sebelum itu. Dengan mampu berlogika, orang mampu untuk berpikir untuk dirinya sendiri, tanpa harus menunggu orang mengatakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dia lakukan. Ketergantungan moral pada pihak-pihak tertentu yang dianggap tahu segala-galanya dihilangkan.

Mungkin kutipan percakapan di bawah ini mengilustrasikan pentingnya logika dan semua orang punya kemampuan yang dapat diasah untuk melakukan analisa.

Percakapan ini terjadi antara Buck, seorang penyidik swasta dan mantan profesor emiritus bidang peradilan pidana dan hukum dan Tweedy mantan profesor emiritus studi komunikasi dan filsafat. Buck diminta terlibat dalam sebuah penyelidikan pembunuhan dan mengajak Tweedy, sahabat lamanya yang terkenal dengan analisa tajamnya itu untuk membantu.

….
“Buck, lupakan uangmu. Aku ke sini bukan demi uang dan ku pikir kau sudah tahu itu.”

“Benar. Tetapi ada cukup banyak uang untuk kita berdua. Uang jujur. Uang untuk penelitian, analisa, dan penemuan yang jujur. Semua itu membutuhkan talenta pemikiran analitis seperti yang kau punyai.”

“Tuhan telah memberikan kita semua orang yang diciptakan sesuai dengan gambar dan rupa-Nya kemampuan analisa. Jika orang menolak menggunakan alat yang Dia sudah berikan, orang tersebut akan rugi sendiri.”

Percakapan dikutip dari buku One Murder Three

Selamat Hari Reformasi

Pos ini dipublikasikan di Praktis, Selamat Hari Reformasi. Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s