Sesat Pikir Rocky Gerung. Sesuatu yang Perlu Ijin = Sesuatu yang Dilarang

Saya malas nonton atau dengar pendapat Rocky Gerung. Tetapi dari waktu ke waktu saya buka TV atau dengar teman-teman membuka Youtube yang menampilkan Rocky Gerung, saya selalu mendengar salah satu kalimat berulang yang diutarakan RG adalah, ‘Sesuatu yang perlu diminta ijinnya merupakan sesuatu yang dilarang.” Kalimat itu menjadi semacam mantra bagi Rocky Gerung yang mampu mendiamkan lawan bicara. Dia mengucapkan itu dalam pemahaman proposisi kategoris universal positif, atau yang dalam logika tradisional diberi tanda A. Rumusannya adalah Semua yang perlu diminta ijinnya adalah hal yang dilarang atau secara simbolis diberi tanda A(il).

Namun Rocky lupa bahwa ada hal yang perlu dimintakan ijinnya yang bukan merupakan hal yang dilarang, tetapi hal yang dibatasi oleh batas-batas tertentu sehingga batas-batas tersebut harus dipastikan sudah dipenuhi baru diijinkan. Seorang warga negara berhak menggunakan frekuensi radio untuk kepentingan tertentu, tetapi ada batas-batas yang harus dipatuhi sehingga penggunaan gelombang radio tidak menyebabkan kekacauan dalam bidang lain yang juga menggunakan gelombang radio. Dengan kata lain, proposisi kategoris yang cocok adalah proposisi partikular. Rumusannya adalah Sebagian hal yang perlu diminta ijinnya adalah hal yang dilarang atau secara simbolis I(il).

Untuk orang yang belajar logika mudah melihat kesesatan yang dilakukan Rocky, tetapi yang belum pernah belajar logika akan terkesima karena diucapkan oleh seorang yang menjadi darlingnya media-media tertentu dan hal itu diucapkan oleh Rocky dengan penampilan dan gaya bicara yang sok cool. Logika penting karena ada banyak orang yang sengaja atau tidak sengaja memanipulasi orang lain dengan argumen yang mengandung sesat pikir.

#Logika #Logikapenting

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Filosofi, Logika, Sesat pikir dan tag , , , . Tandai permalink.

Mau Komentar? Silahkan! Tetapi perhatikan cara diskusi yang baik! Perhatikan juga bahwa semua tulisan di sini berhak cipta, jadi tolong identifikasi sumber anda kalau mau mengutip tulisan di sini! Terima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.